-->

Waspadai Produk Hot Wheels Palsu

Waspadai Produk Hot Wheels Palsu

Khawatir tidak bisa membedakan antara hot wheels asli dan palsu? Mari kita kenali baik-baik supaya tidak tertipu saat sudah membelinya.



Hot Wheels Palsu

Pertanyaannya, apa benar ada produk hot wheels palsu? Ya, bagaimanapun selalu ada risiko pemalsuan produk apalagi yang sangat populer dan punya segmentasi pembeli yang militan seperti hot wheels ini. Ada saja pihak yang berupaya mencari celah keuntungan dengan memanfaatkan popularitas produk.

Palsu atau Tiruan?

Yang ini adalah kasus agak berbeda. Bukannya merek hot wheels itu yang dipalsukan, tapi dengan sengaja dibikin mirip atau ditiru. Sekilas nampak sama tapi kalau diamati lebih teliti ternyata berbeda. Tidak percaya? Silakan cek di beberapa toko kecil atau pasar tradisional.

Jika di tempat-tempat tersebut kebetulan menjumpai satu spot khusus yang menjual mobil-mobilan kecil dan sekilas dari jauh seperti hot wheels, silakan cek. Ada lho, yang dari pemilihan bentuk logo, font, warna, dan detil lain dibikin sama persis dengan hot wheels. Namun setelah diamati ternyata namanya bukan hot wheels melainkan road wheels.

Kasus seperti di atas cukup sering terjadi. Bagi yang gemar berburu koleksi hot wheels akan sangat merepotkan. Karena tidak seperti yang jamak diketahui, para pemburu koleksi hot wheels tak melulu membeli di supermarket atau toko-toko retail. Perjuangannya panjang lho dan bahkan ada yang sampai rela blusukan ke toko-toko kecil meski tidak ada jaminan benar-benar ada di sana.

Bagaimana Cara Membedakan Asli dan Palsu?

Pertama-tama, lihat dulu dari kemasannya. Seperti yang sudah disinggung di atas, apakah yang tertera itu nama hot wheels, atau cuma dibuat mirip. Kalau memang namanya hot wheels, perhatikan baik-baik apakah warnanya sesuai merek yang anda kenal atau ada yang nampak janggal.

Produk yang asli dikemas dalam bungkus kardus atau blister yang kokoh. Selain itu, gambar yang dicetak dalam kardus nampak jelas. Blister yang membungkusnya pun bening sehingga menunjukan jelas miniatur yang ada di dalamnya.

Kalau bungkus sudah dibuka, silakan cek detil yang ada di dalam miniatur kendaraan. Perhatikan di bagian bawahnya. Apakah ada logo sana? Kalau tidak ada, sudah jelas itu produk palsu. Produk yang asli juga selalu mencantumkan keterangan nama dan tahun kendaraan itu diproduksi.

Produk yang asli dibikin dalam detil-detil yang sangat cermat. Lekukan body kendaraan, detil-detil kecil, dan sebagainya dirancang sama persis dengan versi asli kendaraan. Bahan plastik yang dipakai juga tidak sembarangan. Plastiknya berbahan tebal dan tahan banting.

Produk yang asli juga minim dengan risiko kerusakan produksi. Kejanggalan dari bentuk dan detil bisa mengindikasikan bahwa produk itu palsu. Meskipun demikian, bukan berarti produk hot wheels ada yang tidak cacat produksi. Tapi dari bahan dan faktor lain pun masih kuat menandakan bahwa produk itu asli. Malahan produk asli yang cacat produksi menjadi salah satu barang incaran para kolektor.

Pastikan juga soal harga yang ditawarkan untuk produk. Jika terlalu murah tentu sudah patut dicurigai jika itu palsu. Tapi ada juga yang tega menjual dengan harga tinggi dan biasanya bukan di pasar atau toko konvensional, semisal dari jaringan online.

Yang penting adalah selalu waspada atas semua produk palsu yang beredar. Anda tak mau dirugikan dengan beredarnya semua produk palsu tersebut. Hot wheels yang asli selalu bisa dikenali dari beberapa faktor dan penjelasan yang telah disebutkan di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel