Hot Wheels Bukan Sekedar Mobil mobilan

Panduan Lengkap Mengoleksi Hot Wheels untuk Pemula

Mobil mobilan saat ini bukan hanya berfungsi sebagai mainan yang diperuntukkan untuk anak-anak diatas usia tiga tahun saja. Hot Wheels adalah salah satu merk mobil-mobilan populer yang saat ini sudah menjadi benda koleksi. Dikoleksi oleh banyak orang termasuk orang dewasa, Hot Wheels merajai pasar mainan diecast dengan target pasar anak-anak hingga kolektor.
Jika Anda berniat menjadi kolektor mobil mobilan diecast dan menjadikan Hot Wheels sebagai salah satu koleksi Anda, kami memiliki beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Mengoleksi diecast bisa menjadi hal yang cukup menarik dan menantang apalagi jika ini pertama kalinya Anda menjadi kolektor. Bersaing dengan kolektor yang sudah lebih lama ada di dunia ini perlu usaha dan trik agar Anda tidak kehabisan dan harus membeli dengan harga yang berkali lipat lebih mahal.
Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk mengoleksi Hot Wheels apalagi jika Anda adalah pemula dalam hal ini. Silahkan disimak.


#1 Melakukan research

Dalam hal apapun, biasakan untuk melakukan research atau mempelajari apa yang Anda inginkan. Ini juga perlu dilakukan meskipun Anda hanya ingin mengoleksi Hot Wheels. Faktanya, Hot Wheels bisa jadi sangat murah atau sangat mahal jika Anda tahu dimana membeli dan bagaimana mendapatkannya. Jangan mudah tertipu dengan iming-iming harga murah atau seri terbatas dengan harga mahal. Lakukan research. Itu sangat penting.
Perlu diingat bahwa Hot Wheels baru saja melewati ulang tahun yang ke-50. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda akan melihat mobil-mobil produksi 50 tahun yang lalu di pasaran dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.
Tiap mobil dan seri memiliki sejarah, cerita, dan perkembangan yang menarik untuk dipelajari. Anda juga akan menemukan seri error dari Hot Wheels. Jika hal itu dianggap sesuatu yang cacat maka Anda keliru. Hot Wheels error dihargai lebih tinggi karena dinilai unik dan berbeda dari yang lain. Selain itu, jumlah yang sangat terbatas menjadikan seri ini diburu oleh kolektor di seluruh dunia. Seperti Factory sealed contohnya, ini adalah Hot Wheels dengan Sticer ber hologram khusus.
Pengetahuan yang Anda dapatkan melalui research akan menjadi pondasi dan panduan awal Anda dalam memilih tema koleksi mobil mobilan. Kolektor tidak akan asal membeli benda koleksinya.

#2 Tema

Hot Wheels diproduksi dengan berbagai macam gaya yang menyiratkan personality yang berbeda di tiap serinya. Hal ini membuat para kolektor menentukan tema yang akan dikoleksi. Pada dasarnya, mobil yang diproduksi di bawah nama Hot Wheels terinspirasi dari mobil di kehidupan nyata. Bahkan dibuat semirip mungkin dengan mobil aslinya. 
Namun ada juga mobil yang tidak dibuat berdasarkan mobil di dunia nyata. Apapun yang Anda pilih untuk dikoleksi, akan lebih menarik jika temanya sudah ditentukan. Tema biasanya ditentukan oleh beberapa aspek, seperti:

Warna

Ketika menentukan tema, hal yang paling mudah adalah memilah berdasarkan warnanya. Meskipun terkesan simpel namun warna adalah poin yang tepat untuk memulai koleksi Hot Wheels Anda. Jika Anda menyukai atau mengincar warna tertentu, tema yang Anda tentukan bisa saja menjadi unsur dekoratif di rumah Anda. Menghias rumah dengan koleksi merupakan hal yang menarik.

Seri

Seri yang diproduksi oleh Mattel di bawah nama Hot Wheels cukup beragam sejak 50 tahun yang lalu. Treasure Hunt merupakan salah satu seri yang paling dicari oleh para kolektor. Treasure Hunt sendiri pertama kali dirilis ke publik di tahun 1995 dan ciri khasnya adalah lingkaran api yang ada di pintu atau spoilernya.
Seri lain yang cukup diburu dan diproduksi dengan jumlah yang sangat terbatas adalah Super Treasure Hunt. Seri ini dapat dikenali dengan huruf “TH” yang ada di tubuh mobil. Mobil seri ini terinspirasi dari mobil di dunia nyata namun dengan warna cat yang lebih baik dan ban mobil dibuat dari karet, bukan plastik.
Mattel pernah berkolaborasi dengan tim 5 Formula One yang menghasilkan seri Formula One. Masih banyak seri-seri lain yang akan membuat Anda semakin semangat dalam mengumpulkan mobil mobilan Hot Wheels. 
Seri populer lainnya termasuk seri Beatles, Japanese Historics, Planet Micro, dan lain sebagainya. Namun tak dapat dipungkiri jika seri Treasure Hunt lebih sulit untuk dicari dan dikumpulkan dibanding seri lainnya.

Errors

Seperti yang telah dibahas di paragraf sebelumnya, Hot Wheels juga memiliki seri Error yang awalnya terjadi karena kesalahan namun sekarang diburu oleh para kolektor di penjuru dunia. Seperti namanya, seri Error dikumpulkan karena terdapat kesalahan pada produksinya. Dan setelah desainer menyadari kesalahan yang mereka perbuat, produksi dihentikan. 
Hal itu malah membuat jumlah mobil yang sedikit ini diburu dan dibanderol dengan harga besar-besaran oleh yang memilikinya. Salah satu model yang diburu adalah Redlines, mobil yang memiliki garis merah pada rodanya dan berhenti diproduksi di tahun 1977.

#3 Dengan Atau Tanpa Kemasan?

Jika kita membeli Hot Wheels di toko mainan, pasti kita membelinya dengan kemasannya. Namun ketika berhubungan dengan benda koleksi, hal ini menjadi perdebatan selama bertahun-tahun dan masih diperdebatkan hingga hari ini. Lalu, mana yang lebih baik: dengan kemasan atau tanpa kemasan? Beberapa kolektor akan membeli mobil sekaligus dengan kemasannya namun beberapa orang tidak mempermasalahkan jika kemasan tidak diikutsertakan.
Tentu saja, beberapa item mainan memang dibeli untuk digunakan bermain. Namun beberapa orang ingin menyimpannya. Dan ini yang pada akhirnya menjadi perdebatan. 
Tidak mengeluarkan mainan dari dalam kemasannya akan meningkatkan harga penjualan, jika Anda berniat menjual koleksi nantinya. Namun jika Anda memang ingin mengoleksinya, mengeluarkan Hot Wheels dari dalam kemasannya dan menatanya di rak koleksi akan menunjukkan betapa indahnya benda-benda koleksi itu. Menyimpan kemasannya pun akan menjadi penting nantinya jika Anda akan menjual mobil-mobil itu.


#4 Belanja Hot Wheels

Beberapa toko mainan memang menyediakan Hot Wheels dan departemen store yang menyediakan seksi mainan di dalamnya juga menyuguhkan beberapa seri Hot Wheels. Namun jika Anda berniat mengoleksi sesuatu yang tidak dimiliki orang lain atau yang jumlahnya terbatas, Anda bisa ke toko mainan yang lebih eksklusif, yang hanya menjual mainan atau malah diecast saja. Beberapa toko online juga menyediakan item-item yang dapat dikoleksi.
Menjadi kolektor Hot Wheels tidak hanya terbatas pada memiliki mobil diecast yang dapat dipamerkan kepada tamu atau teman-teman dan keluarga di rumah. Anda juga akan memiliki komunitas kolektor di mana segala informasi dibagikan, yang sekaligus menjadi keluarga baru Anda.
Mobil mobilan Hot Wheels pun tidak semuanya sama, anda bisa membedakan Hot Wheels Thailand dan Malaysia, dan produsksinya pun beragam

Kesimpulan

Setiap orang pernah menjadi pemula sebelum mereka menjadi profesional yang telah berpengalaman. Jangan malu untuk bertanya kepada mereka yang sudah lebih lama terjun di dunia kolektor mobil diecast dan selalu jadi diri sendiri dalam mengoleksi mobil mobilan. Selamat mengoleksi Hot Wheels!

hotwheels indonesia, diecast indonesia, unboxing indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel