-->

INGIN Tahu Pabrik Hot Wheels di Indonesia? Berikut Ini Jawabannya!

hot wheels indonesia,

INGIN Tahu Pabrik Hot Wheels di Indonesia? 

Berikut Ini Jawabannya!

Tahukah Anda kalau mainan mobil hot wheels juga sudah diproduksi di Indonesia. Pada bagian bawah miniatur mobilnya pun tertulis dengan jelas “Made in Indonesia”. Dimanakah pabrik hot wheels di Indonesia?

Pabrikan Hot Wheels di Indonesia

PT Mattel Indonesia adalah pabrik yang sudah memproduksi mobil hot wheels yang begitu populer di seluruh dunia. Perusahaan ini sudah beroperasi sejak 1992 dengan mengembangkan beragam varian mainan untuk anak-anak. Pabriknya berada di kawasan Cikarang, Provinsi Jawa Barat, yang memang wilayah ini dikenal dengan kota industri.

Keberadaan pabrik mainan tersebut sebagai bukti kalau Indonesia juga bisa bersaing di kancah internasional. Dengan begitu, Indonesia pun tercatat sebagai salah satu produsen utama beragam produk unggulan skala global. Termasuk dalam pembuatan mainan hot wheels yang tidak hanya digemari anak-anak tapi juga dikoleksi orang dewasa.

Kapasitas produksinya sangat besar hingga 50 juta unit di setiap tahunnya. Jadi kemampuan produksinya melebihi industri otomotif sesungguhnya yang hanya 1 juta unit. Hot wheels adalah mainan mobil diecast yang dibuat dari material logam melalui proses pencetakan. Dalam proses pembuatannya mengkolaborasikan teknologi informasi, robot dan tenaga manusia.

Kementrian Perindustrian pun terus mendorong pabrikan tersebut agar senantiasa berinovasi dan juga merancang mainan yang menyenangkan dan mendidik. Termasuk memberikan sentuhan budaya lokal seperti nuansa batik di setiap mainan yang diproduksi. Perusahaan mainan ini juga sudah melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan dengan melakukan link and match.

Program tersebut dilakukan bersama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar tercipta tenaga kerja berkompeten yang dibutuhkan oleh dunia industri. Nantinya mereka pun bisa bekerja di pabrik tersebut, karena industri mainan juga memerlukan keahlian khusus. Oleh karena produk mainan mempunyai keunikan tersendiri dan terus berkembang seiring perkembangan waktu.

INGIN Tahu Pabrik Hot Wheels di Indonesia?
Pt Mattel **image from goole

Sumbangsih Pabrik Hot Wheels Bagi Indonesia

Keberadaan PT Mattel Indonesia memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan manufaktur sangat signifikan. Apalagi pabrikan mainan mobil ini termasuk dalam sektor padat karya dan mengedepankan orientasi ekspor. Penyerapan tenaga kerjanya juga sangat besar mencapai puluhan ribu orang.

Dengan begitu, sangat jelas bisa memberikan lapangan pekerjaan besar dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Aktivitas industri yang dilakukan secara konsisten sangat jelas akan memberikan dampak luas bagi sektor ekonomi nasional. Dampak positif lainnya adalah peningkatan devisa, lapangan pekerjaan bagi warga lokal dan nilai tambah bagi bahan baku asal dalam negeri.

Pemerintah melalui Kementrian Perindustrian turut memajukan industri mainan ini dengan menerapkan skema insentif. Supaya kinerja perusahaan semakin produktifdan mampu berkompetisi di kancah global. Caranya dengan menerapkan sistem padat karya dengan orientasi ekspor dan pengurangan beban pajak sesuai dengan jumlah tenaga kerjanya. Hal itu akan dikoodinasikan dengan Kementrian Keuangan.

Demi memajukan seluruh industri termasuk produksi mainan hot wheels, pemerintah akan memudahkan segala urusannya. Hal itu seperti mempermudah birokrasi, perizinan, memangkas peraturan yang tidak sesuai, deregulasi dan menerbitkan paket kebijakan ekonomi yang lebih mendukung kemajuan dunia industri. Langkah tersebut juga akan menghadirkan iklim investasi lebih kondusif dan semakin mempermudah langkah pelaku industri.

Oleh karena pabrik hot wheels ada di Indonesia sudah masyarakat bisa membelinya dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, karena dipasarkan di seluruh dunia sudah pasti menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Tidak hanya harganya lebih bersaing tapi juga tetap mengusung ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI). Jadi produknya tidak hanya murah dan bagus, tetapi tetap mengacu pada standarisasi kualitasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel